Pentingnya Informasi
Informasi itu berharga, bias diibaratkan sebagai makanan yang bahkan kita butuhkan sehari-hari. Bahkan informasi sampai diperjualbelikan. Semua itu adalah wujud pentingnya informasi. Dasar penilaian penting dan berkulitasnya suatu informasi adalah dari segi isi dan kandungannya. Semakin bagus mutu isinya, semakin banyak pula yang membutuhkan. Beberapa faktor yang memengaruhi mutu suatu informasi antara lain adalah:
Up-to-date : agar informasi yang disajikan menarik banyak minat pencari informasi, maka informasi yang disajikan haruslah informasi yang masih hangat.
Lengkap : dalam pemberian suatu informasi, haruslah disajikan dengan lengkap. Tanpa lengkapnya suatu informasi, pasti akan banyak timbul keambiguan.
Relevan : informasi yang disajikan haruslah relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh pencari informasi. Dengan kerelevan tersebut, keterkaitan, kepuasan, dan pemenuhan kebutuhan informasi yang dibutuhkan akan semakin baik.
Akurat : informasi yang disajikan haruslah akurat walau belum sampai 100%, setidaknya sudah pantas untuk dijadikan bahan keputusan.
Dapat dihandalkan : dengan tak adanya HOAX dalam suatu informasi dan dapat dihandalkannya suatu informasi, maka informasi tersebut sudah pasti merupakan informasi yang berkualitas.
Tersaji dengan baik : tanpa baiknya penyajian informasi, pembaca pun takkan bisa memahami dan mendalami informasi yang tersedia.
Perlu usaha untuk mendapatkan suatu informasi yang bermutu, yaitu,
Usaha untuk mengumpulkan : dalam mencari informasi, pastilah kita harus berusaha untuk mengumpulkan informasi yang berkualitas dari beberapa sumber yang berbeda.
Usaha untuk menyimpan : dalam pencarian informasi, pasti kita harus menyimpan beberapa file atau berkas yang akan berguna untuk kebutuhan yang menjadi dasar dalam pencarian suatu informasi.
Usaha untuk mengolah : dalam mencari informasi, pastilah kita tidak mengambil keseluruhan dari informasi tersebut. Karena tidak semua informasi yang ada dalam pencarian kita dibutuhkan. Oleh karena itu, usaha pengolahan informasi sangatlah dibutuhkan.
Usaha untuk merawat : dalam mencari informasi kita harus bias merawat informasi yang kita dapatkan. Merawat dalam hal keaslian dan mutu informasi tersebut. Tanpa adanya penambahan ataupun pengurangan.

Internet
Internet adalah sumber yang menyajikan informasi layaknya TV, koran, radio, dan lain-lain. Dalam internet, banyak sekali sumber informasi yang dapat kita gunakan. Tapi tidak semua dari informasi tersebut dapat diandalkan. Membedakan informasi yang benar dan salah adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Karena kesalahan dalam pengolahan dan pengembangan informasi akan berakibatfatal pada penyebaran di masyarakat.
-Mencari informasi di internet agar mendapatkan informasi yang kredibel dan akurat
a. Gunakan mesin pencari
b. Identifikasi web site
c. Periksa kredibilitasnya
d. Tentukan kedalaman dan keluasan ruang lingkup informasi
e. Periksa tanggalnya

Penentuan Kedalaman dan Luas Ruang Lingkup Informasi
-Perbedaan halaman web dengan sumber tercetak:
a. Informasi sering ditampilkan agar mudah dicerna dengan tampilan menarik.
b. Informasi sering tidak mendalam atau tidak luas.
c. Materi bisa jadi dpengaruhi kepentingan bisnis atau politik.
d. Kadang-kadang halaman web bukan sumber yang benar terhadap informasi yang anda perlukan.
Dalam halaman web, tidak semua yang diinginkan akan keluar. Sudut pandang penulis juga berpengaruh dalam isi topic yang dibahas. Jadi, informasi yang kita inginkan tak cukup bila hanya didapatkan dari satu website.
Dalamnya dan luasnya lingkup Informasi difaktorkan oleh tanggal dikeluarkannya informasi
pencarian yang efektif dan efisien.
a. Model standar pencarian informasi
Tahap pencarian informasi
b. URL (Uniform Resource
if (Omobil)
c. Searching techniques
d. Search engines